Zakat = Sosialisme??

Share on :
Ketika kita memberikan sesuatu kepada orang lain, maka apa sih yang terbenak dalam hati kita bersama? Mungkin ada yang terbenak, ikhlas, membersihkan harta atau sampai dengan agar di pandang orang? Hehehe... Hayoo! Jujur! Memang Zakat ini adalah sebuah kewajiban yang harus dikeluarkan seseorang ketika menerima atau mendapatkan rezeki uang, barang, dsb. Namun, tergantung kepada nisab yang dicapai dalam satu tahunnya.

Zakat dibagi dalam beberapa bentuk, ada yang dinamakan zakat mal, zakat fitrah, dsb. Perbedaannya adalah zakat fitrah dikeluarkan wajib bagi setiap orang sedangkan zakat mal dikeluarkan setelah mencapai nisabnya. Nisabnya zakat mal adalah sekitar 7 juta dalam setahun. Artinya jika anda memiliki tabungan uang atau barang yang dalam waktu satu tahun di rupiahkan senilai 7 juta, maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2.5%.

Nah, apa sih makna zakat ini? Apakah zakat sama dengan faham sosialisme ala Lenin dulu?

Sebuah pertanyaan yang menarik. Faham sosialisme memiliki pengertian bahwa kita berbagi antar sesama tanpa melihat dia miskin atau kaya. Zakat juga artinya berbagi. Berbagi antar sesama dalam suatu kehidupan kita. Artinya, sosialime yang di cetuskan Lenin, sebenarnya bersumber dan mengacu pada makna zakat itu sebenarnya.

Artikel ini support untuk : http://www.infozakat.com dan TEAK 123 Best Teak Garden Furniture Manufacturer Wholesale in Indonesia